Lompat ke konten

Layanan Cepat

WA : 0812-4947-0015

Lokasi

Jl. Desa Bedug, Rembang, Kec. Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64171

Suplai 1000 Pohon untuk Proyek Jalan Tol IKN di Kalimantan

Agro Sejahtera

tol ikn kalimantan
tol ikn kalimantan

Share

WhatsApp
Facebook
Twitter
Telegram
LinkedIn
Pinterest

Proyek jalan tol IKN merupakan salah satu proyek dari pemerintah yang cukup besar, karena masih erat kaitannya dengan pembangunan Ibu Kota baru yang ada di kalimantan.

IKN merupakan singkatan dari Ibu Kota Nusantara yang ada di balikpapan dan rencananya akan dibangun jalan tol untuk akses menuju kesana.

Pada pertengahan 2019, Presiden Republik Indonesia Pak Joko Widodo mengumumkan bahwa ibu kota Indonesia akan dipindahkan dari Pulau Jawa. Lokasi ibu kota baru merupakan wilayah yang meliputi sebagian besar wilayah administrasi Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara di Provinsi Kalimantan Timur. 

Pembangunan ibu kota nusantara ini akan berlangsung dalam lima tahap antara tahun 2022 sampai dengan 2045 sesuai dengan Undang-Undang tentang Modal Berkelanjutan.

Menurut Presiden, proyek pembangunan IKN bukanlah proyek jangka pendek, namun masa konstruksinya akan berlangsung 10 hingga 15 tahun. Namun, Presiden menegaskan pembangunan infrastruktur IKN di lokasi sudah dimulai. 

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu, 22 Februari 2023, Presiden Joko Widodo akan meninjau Proyek Jalan Tol Ibukota Nusantara (IKN), Segmen 3B, Ruas KKT Kariangau โ€“ Sp. Tempadung, Kota Balikpapan. Presiden memperkirakan proyek jalan tol IKN akan selesai pada akhir tahun 2024. 

Pohon merupakan salah satu komponen penting dalam pembangunan jalan tol. Pohon yang dimaksud nantinya akan mampu memberikan peneduhan di setiap jalan dan mengurangi polusi udara disebabkan oleh kendaraan.

Agro sejahtera adalah pensuplai pohon untuk pembangunan proyek jalan tol IKN. Pohon yang dikirim untuk proyek jalan tol meliputi pohon peneduh, pohon hias, dan pohon penyaring polusi udara.

Jika di total, sekitar ada 1000 pohon yang telah dikirim oleh Agro Sejahtera untuk memenuhi permintaan proyek tol demi mensukseskan penghijauan jalan.

1000 pohon tersebut meliputi pohon pule, pohon bungur, pohon sepatu dea, pohon dadap serep, pohon mahoni, dan pohon flamboyan. Berikut ini rincian jumlah pohon yang dipesan.

Dadap40
Spatodhea140
Flamboyan300
Mahoni100
Bungur25
Pule425

Pengiriman pohon tersebut dari Agro Sejahtera yang berlokasi di Kediri Jawa Timur menuju Kalimantan Timur menggunakan jalur darat dengan truk fuso. Pengiriman dilakukan secara bertahap yang membutuhkan 3 truk fuso.

Satu truk fuso besar memuat kurang lebih sekitar 300 pohon dan dikirim diwaktu yang berbeda. Proses muat pohon ke dalam truk membutuhkan waktu sekitar satu hari satu malam. Muat pohon ke dalam truk fuso dimulai pada tanggal 1 Mei 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *